Sikap Mental Pebisnis Online (bagian #2 dari 3)

Ingat baik-baik :

Hidup Anda tidak akan mengalami peningkatan jika Anda tidak mau berinvestasi,

tidak berani mengambil resiko, tidak mau mengambil kesempatan dan menunda-nunda untuk memulai bisnis.

Ini adalah fakta kehidupan...

4. Jangan ikuti program bisnis investasi


Jangan tergiur dengan bisnis berkedok investasi online. Kebanyakannya adalah member get member. Kebanyakan pelaku bisnis internet terutama yang malas bekerja suka termakan rayuan seperti ini. Mereka rela untuk menginvestasikan uangnya di dalam bisnis ini. Sehari dua hari, seminggu dua minggu, bisnis berjalan lancar. Bulan berikutnya, dia investasikan dana lebih besar lagi. Terus berlanjut begitu sampai ada saatnya tiba-tiba situs investasi yang dia percayai tersebut menghilang begitu saja...... DENGAN SEMUA UANG YANG DIA INVESTASIKAN DI SANA!

5. Pebisnis online yang sukses TIDAK mengandalkan orang lain.

Pebisnis online yang sukses harus rajin bertanya ke search engine (terutama GOOGLE) dan harus sering browsing mencari ilmu dari situs ke situs, dari blog ke blog.
BUKAN mengandalkan orang lain.

Kadang ada saja pebisnis online pemula yang agak malas untuk eksplorasi, tidak mau mencoba-coba untuk memahami bisnis yang dia jalani. Setiap langkah dia selalu bertanya kepada orang lain, kepada konsultannya, kepada temannya, dan kepada orang lain.
Konsultan tentu akan mencoba menjawab sesuai batas ilmu yang dimiliki, begitu juga jika dia bertanya kepada teman / rekannya.
Hanya saja untuk menunggu jawaban dari teman tentu butuh waktu, bahkan untuk mendapat jawaban dari konsultan butuh waktu yang cukup lama (karena harus menjawab pertanyaan dari banyak klien sekaligus). Waktunya variatif, mungkin dalam hitungan jam, atau bahkan dalam hitungan hari.
Nah, kalau sudah begini, siapa yang rugi? Jawabnya, dia sendiri. Ini jelas-jelas menghambat kesuksesan bisnis dia sendiri.
Padahal andai dia tidak malas mencari tahu, jawaban dari apa yang dia cari banyak tersedia di internet. Daripada menunggu jawaban dari teman / konsultan yang perlu waktu lama, lebih baik mencari jawabannya lewat search engine seperti google. Dan jawabannya akan diketahui secara instant.
Misalnya, ada banyak pebisnis yang ingin tahu jika mendaftar di clixsense, bagaimana cara mengisi kolom “payable to?”
Untuk mencari jawabannya ada dua solusi :
1. Tanya ke orang lain.
Cara ini butuh waktu agak lama untuk menunggu jawabannya, dan jawabannya pun belum tentu jelas.
2. Tanya ke search engine (google / yahoo / MSN)
Cukup ketikkan “clixsense payable to diisi apa” atau “cara daftar clixsense” atau “clixsense tutorial” pada kolom pencarian google dan Anda akan dapatkan jawabannya.
Akan segera muncul puluhan link yang bisa menjawab pertanyaan tersebut, dalam waktu instant, tidak perlu menunggu berjam-jam.
Ini juga bisa diterapkan untuk banyak pertanyaan lainnya, seperti “cara mendaftar paypal”, “cara verifikasi paypal”, “paypal tutorial”, “cara verified alertpay”, “cara verifikasi alertpay”, ... dan apapun yang ingin Anda ketahui tentang dunia bisnis online!
Karenanya tanamkan dalam diri Anda kebiasaan untuk bertanya kepada search engine (GOOGLE/YAHOO/dll) jika mengalami jalan buntu / permasalahan dalam berbisnis online. Ada ribuan orang di luar sana yang pernah mengalami masalah serupa dan menemukan jawabannya dengan cara ini.
Search engine adalah basis data FAQ (FrequentlyAsked Questions) yang terbesar di dunia ini. Jadi, manfaatkan dengan baik.
Gunakan search engine untuk menjawab persoalan Anda secara instant. Lupakan cara-cara bertanya dengan mengirim SMS / email ke teman Anda / konsultan Anda. Butuh waktu yang lama untuk menunggu jawabannya.
Jika ada cara yang lebih cepat, kenapa harus mencari cara yang lebih lambat? Ingat, mengandalkan panduan teman / konsultan semata adalah salah satu cara untuk gagal yang paling cepat.
Bisnis online menuntut Anda proaktif belajar mandiri dan mencoba-coba, banyak browsing, banyak GOOGLE-ing untuk mencari jawaban dan tambahan ilmu-ilmu baru.
So, jadilah pebisnis yang proaktif dan mandiri dalam belajar!


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar. Dan Terima kasih telah mau berkomentar.