Sikap Mental Pebisnis Online (bagian #3 dari 3)

Pada postingan sebelumnya, yaitu bagian #1 dan bagian #2 telah diuraikan secara mendetail bagaimana seharusnya sikap mental seorang pebisnis online. Nah tulisan kali ini merupakan penegasan dari dua tulisan sebelumnya.

Sebagaimana telah diuraikan pada bagian #1 dan bagian #2 bahwa hal-hal yang harus menjadi pegangan seorang pebisnis online adalah sebagai berikut:


  1. Untuk Sukses Bisnis Online Membutuhkan Waktu Kesuksesan atau kesuksesan berbisnis itu, baik online maupun offline bukanlah suatu hal yang instant. Anda tidak akan bisa memperoleh hasil ribuan dollar atau jtaan rupiah hanya dalam waktu sebulan atau dua bulan berbisnis. Semua butuh proses.

  2. Kegagalan adalah Hal yang Biasa dalam Berbisnis Terkadang kita perlu gagal untuk bisa mencapai kesuksesan. Kita harus siap kehilangan puluhan, ratusan bahkan ribuan dollar terlebih dahulu untuk bisa sukses. Kegagalan itu penting, dan kita kadang butuh kegagalan untuk belajar darinya. Supaya dapat mengetahui apa yang harus dihindari dalam berbisnis.

  3. Resiko itu Pasti Ada Ingat, resiko gagal itu selalu ada baik untuk bisnis online maupun bisnis offline. Sekali lagi, resiko gagal itu selalu ada, baik untuk bisnis online maupun offline. Ingat, selain resiko yang selalu ada, peluang sukses pun selalu ada. Tetapi, jika Anda tidak berani (ciut) untuk mengambil resiko gagal, jangan pernah melangkah berbisnis sama sekali, dan Anda pun tidak akan pernah sukses berbisnis.

  4. Jangan ikuti program bisnis investasi. Jangan tergiur dengan bisnis berkedok investasi online. Kebanyakannya adalah member get member. Kebanyakan pelaku bisnis internet terutama yang malas bekerja suka termakan rayuan seperti ini. Mereka rela untuk menginvestasikan uangnya di dalam bisnis ini. Sehari dua hari, seminggu dua minggu, bisnis berjalan lancar. Bulan berikutnya, dia investasikan dana lebih besar lagi. Terus berlanjut begitu sampai ada saatnya tiba-tiba situs investasi yang dia percayai tersebut menghilang begitu saja.

  5. Jadilah Pebisnis Online yang Proaktif dan Mandiri. Pebisnis online yang sukses harus rajin bertanya ke search engine (terutama GOOGLE) dan harus sering browsing mencari ilmu dari situs ke situs, dari blog ke blog. BUKAN mengandalkan orang lain. Gunakan search engine untuk menjawab persoalan Anda secara instant. Jika ada cara yang lebih cepat, kenapa harus mencari cara yang lebih lambat? Ingat, mengandalkan panduan teman / konsultan semata adalah salah satu cara untuk gagal yang paling cepat. Bisnis online menuntut Anda proaktif belajar mandiri dan mencoba-coba, banyak browsing, banyak google-ing untuk mencari jawaban dan tambahan ilmu-ilmu baru.


So, jadilah pebisnis yang proaktif dan mandiri dalam belajar!

Okeh selamat berbisnis di dunia online

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar. Dan Terima kasih telah mau berkomentar.